APAKAH SEMUA HEWAN SATU KETURUNAN YANG SAMA?

Catatan Henri Nurcahyo

SIAPAKAH manusia pertama? Adam? Apakah tidak ada manusia sebelum Adam? Menurut Quraish Shihab, Alquran menceritakan tentang kejadian manusia tetapi Alquran juga menceritakan, sebelum Nabi Adam turun ke bumi ada makhluk-makhluk lain yang lebih dulu hadir. “Tapi tidak diterangkan apa makhluk lain itu, boleh jadi makhluk lain itu manusia purba,” kata Quraish Shihab.

Ditambahkan oleh Quraish Shihab, “Ketika dia (Alquran) berbicara tentang manusia pertama, alquran hanya menyatakan Adam diciptakan dari tanah, kemudian ada proses, dan proses akhirnya dihembuskan ruh, dan jadilah dia manusia. Mungkin itu (Adam) adalah manusia modern.”

Nah, jangan-jangan Adam bukan manusia pertama melainkan Homo Sapiens yang pertama, yang disebut Quraish sebagai “manusia modern.”

Okeylah, katakankah manusia modern pertama itu memang Adam, kemudian beranak pinak dan menyebar ke seluruh penjuru dunia selama ribuan tahun hingga menjadi berbangsa-bangsa seperti sekarang ini. Lantas, apakah manusia purba yang sudah ada sebelum Adam (katakanlah begitu) tidak juga beranak pinak dan berevolusi serta menyebar ke seluruh penjuru dunia sebagaimana anak turunan Adam? Atau, mereka lantas menjadi punah begitu saja?

Pertanyaannya kemudian, bagaimana dengan hewan? Apakah gajah, sapi, harimau, kerbau, kambing, dan sebagainya itu juga berasal dari satu keturunan yang sama? Apakah ada sapi pertama yang hadir di dunia sebagaimana Adam? Demikian pula gajah yang pertama, kerbau yang pertama, dan sebagainya.

Barangkali, hewan-hewan yang disebutkan di atas memang berasal dari satu keturunan yang sama, kemudian berevolusi, beranak-pinak, dan  menyebar ke seluruh penjuru dunia. Sekali lagi, barangkali. Karena secara biologis hewan-hewan tersebut tergolong mamalia sebagaimana juga manusia.

Charles Darwin dalam bukunya On the Origin of Species (1859) dan The Descent of Man (1871) menyebut ada teori universal common descent yang didasarkan pada prinsip-prinsip evolusi. Teori ini sekarang umumnya diterima oleh para ahli biologi, dan last universal common ancestor (LUCA atau LUA), yaitu leluhur bersama paling awal dari seluruh organisme yang hidup dipercayai muncul sekitar 3,9 miliar tahun yang lalu. Teori leluhur bersama yang dimiliki oleh semua organisme adalah salah satu prinsip evolusi.

Menurut teori evolusi, setiap spesies hidup berasal dari satu nenek moyang, spesies yang ada sebelumnya lambat laun berubah menjadi spesies lain, dan semua spesies lain muncul dengan cara itu. Perubahan yang terjadi berlangsung sedikit demi sedikit dalam jangka waktu jutaan tahun, sehingga memungkinkan adanya banyak spesies dalam bentuk peralihan selama periode perubahan tersebut. Selanjutnya Darwin menjelaskan bahwa jika catatan fosil dipelajari dengan terperinci maka akan ditemukan mata rantai yang hilang tersebut.

Kemudian seorang ahli paleontologi Mark Czarnecki berpendapat bahwa kendala utama dalam membuktikan teori evolusi adalah catatan fosil, dan catatan fosil tersebut belum mengungkapkan jejak-jejak jenis peralihan hipotesis Darwin. Malah sebaliknya spesies muncul dan musnah secara tiba-tiba.

Jadi menurut Darwin ternyata semua organisme itu berasal dari leluhur yang sama. Terus terang, saya meragukan teori ini. Kalau yang dimaksudkan dengan “semua organisme” itu hanya sebatas mamalia, saya masih bisa menerima. Atau, tingkatan di bawahnya lagi yaitu golongan reptilia dan amphibi. Bagaimana dengan ikan? Apakah semua ikan juga berasal dari satu nenek moyang yang sama? Apakah ikan laut dan ikan air tawar juga berasal dari keturunan yang sama? Katakanlah iya, sebagaimana yang diteorikan oleh Darwin. Apalagi, seluruh penjuru bumi ini bisa terhubungkan oleh media air.

Saya masih penasaran. Bagaimana dengan ular? Katak? Tikus? Atau binatang yang lebih kecil lagi seperti kecoak, cicak, atau bahkan nyamuk? Apakah masing-masing binatang tersebut juga berasal dari keturunan yang sama? Kalau iya, bagaimana caranya mereka bisa bermigrasi hingga sampai menyebar ke seluruh penjuru bumi?

Nah sampai di sini lantas saya memiliki dugaan kuat bahwa tidak semua binatang berasal dari satu keturunan pertama tetapi bisa saja tiba-tiba tercipta di suatu tempat tertentu selama habitat di tempat itu mendukungnya. Contoh gampangnya, mengapa tiba-tiba ada kecoak di kamar mandi? Dari mana kecoak itu berasal? Dugaan saya, habitat kamar mandi yang lembab dan berair itulah yang memungkinkan “lahirnya” kecoak tanpa ada induknya. Demikian pula lalat, nyamuk, bahkan yang lebih besar lagi yaitu tikus dan juga ular !!!

Sementara itu dulu, monggo kalau mau bertukar pikiran. Salam.

#isengisengramadhan #penasaranaja

Catatan Henri Nurcahyo SIAPAKAH manusia pertama? Adam? Apakah tidak ada manusia sebelum Adam? Menurut Quraish Shihab, Alquran menceritakan tentang kejadian manusia tetapi Alquran juga menceritakan, sebelum Nabi Adam turun ke bumi ada makhluk-makhluk lain yang lebih dulu hadir. “Tapi tidak diterangkan apa makhluk lain itu, boleh jadi makhluk lain itu manusia purba,” kata Quraish Shihab.…

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *