SINOPSIS ADEGAN PANJI SEMIRANG

01 – Perjalanan Menuju Daha – LAOS

Perjalanan Panji Brajanata dan Panji Kartala sebagai utusan kerajaan Jenggala menuju Kerajaan Daha untuk menyerahkan 2 buah golek (golek kayu dan golek kencana) terbungkus kain.

02. Perebutan Golek Kencana antara Sekartaji dan Galuh Ajeng – CAMBODIA

Prabu Lembu Amisena menyerahkan dua bungkusan kepada Dewi Sekartaji dan Dewi Galuh Ajeng. Galuh Ajeng segera memilih salah satu bungkusan itu, tapi ternyata ia mendapatkan Golek kayu yang sudah rusak. Galuh Ajeng merebut Golek Kencana pilihan Dewi Sekartaji, tapi Dewi Sekartaji tak mau melepaskannya. Prabu Lembu Amisena marah kepada Dewi Sekartaji, dan kemudian memotong rambutnya menjadi pendek Dewi Sekartaji diusir, dan pergi dari Keraton Daha sambil tetap membawa Golek Kencana.

03. Dewi Sekartaji Beralih Rupa Menjadi Panji Semirang – MYANMAR

Dewi Sekartaji berjalan di tengah hutan. Hatinya sedih dan merasa malu karena kehilangan rambut panjangnya yang indah. Sesosok Dewa turun ke dunia menemui Dewi Sekartaji dan memerintahkannya untuk menyamar menjadi lelaki bernama Panji Semirang. Ia diperintahkan untuk membebaskan rakyat Kerajaan Mentawan dari penindasan Raja Klana Tunjung Bang.

04. Klana Tunjung Bang berperang melawan Panji Semirang – MALAYSIA

Prabu Klana Tunjung Bang dihadap oleh Patih Denda Satru dan Tumenggung Suramadenda. Punggawa Kerajaan datang sambil membawa orang-orang yang disiksa karena tidak bayar pajak. Panji Semirang datang, langsung mencegah perbuatan para punggawa Prabu KLana Tunjung Bang. Panji Semirang berhasil mengalahkan klana Tunjung Bang, yang kemudian takluk dan menjadi pengikut Panji Semirang.

05. Panji Inu Kertapati Bertemu Panji Semirang – VIETNAM

Panji Semirang bercengkerama bersama para dayang istana di Taman Mentawan. Sambil bermain, Panji Semirang tampak menimang-nimang Golek Kencana. Klana Tunjung Bang datang melaporkan kekalahannya dalam perang melawan Panji Inu Kertapati. Panji Inu Kertapati bertemu Panji semirang, terjadilah peperangan dahsyat. Keduanya adalah kesatriya yang sakti, sehingga di antara keduanya tidak ada yang kalah dan menang. Justru Panji Inu Kertapati mengikat persaudaraan dengan Panji Semirang. Panji Semirang mengantar Panji Inu Kertapati menuju Kerajaan Daha.

06. Pernikahan Panji Inu Kertapati dan Galuh Ajeng – THAILAND

Prabu Lembu Amisena, Paduka Liku (Permaisuri) sedang mempersiapkan pernikahan antara Panji Inu Kertapati dan Galuh Ajeng. Panji Inukertapati, Panji Brajanata, Panji Kartala, dan Panji Semirang datang menghadap. Ketika menyaksikan pernikahan Panji Inu Kertapati dan Galuh Ajeng, Panji Semirang merasa sakit hati dan diam-diam meninggalkan Keraton Daha. Sifat dan perilaku Galuh Ajeng yang kasar tidak disukai oleh Panji Inu Kertapati dan membuatnya pergi dari Daha.

07. Panji Semirang Menuju Kerajaan Gagelang – PHILIPPINES

Panji Semirang dengan hati yang sedih berjalan ke tengah hutan yang mempertemukannya dengan Dewi Kilisuci, seorang wanita pertapa dari Kapucangan, yang memerintahkan Panji Semirang untuk bersalin rupa menjadi Gambuh Warga Asmara. Panji Semirang bersalin rupa menjadi Gambuh Warga Asmara dan segera menuju Kerajaan Gagelang.

08. Panji Inu Kertapati Bertemu Gambuh Warga Asmara – INDONESIA

Prabu Lembu Merdadu dihadap oleh Patih Jaya Sembada, Tumenggung Mahesa Pradah, dan Tumenggung Mahesa Bungalan beserta para puteri/dayang istana. Ketika Panji Inu Kertapati datang menghadap pamannya, Prabu Lembu Merdadu menjamu Panji Inu Kertapati dengan pertunjukan Gambuh. Ketika Gambuh Warga Asmara menari dengan indah sambil menimang-nimang Golek Kencana, Panji Inu Kertapati terkejut, karena hanya Dewi Sekartaji yang memiliki Golek Kencana. la mendekati Gambuh Warga Asmara dan segera ingin memeluknya, namun Gambuh Warga Asmara menghindar dan lari keluar arena pertunjukan. Panji Inu Kertapati mengejar Gambuh Warga Asmara.

09. Gambuh Warga Asmara Beralih Rupa Menjadi Dewi Sekartaji – SINGAPORE

Panji Inu Kertapati mengejar Gambuh Warga Asmara. Ketika berhasil dipeluk oleh Panji Inu Kertapati, berubahlah wujud Gambuh Warga Asmara menjadi Dewi Sekartaji.

10. Pernikahan Panji Inu Kertapati dan Dewi Sekartaji – COLLABORATION ASEAN MEMBER STATE

Pernikahan Panji Inukertapati dan Dewi Sekartaji yang megah dan indah, dihadiri oleh utusan dari berbagai kerajaan sahabat. Mereka akhirnya bersatu setelah mengalami berbagai cobaan dan petualangan yang seru.

  • foto-foto oleh Henri Nurcahyo)
  • Sumber: Buku Katalog ASEAN Panji Festival 7 – 28 Oktober 2023

01 – Perjalanan Menuju Daha – LAOS Perjalanan Panji Brajanata dan Panji Kartala sebagai utusan kerajaan Jenggala menuju Kerajaan Daha untuk menyerahkan 2 buah golek (golek kayu dan golek kencana) terbungkus kain. 02. Perebutan Golek Kencana antara Sekartaji dan Galuh Ajeng – CAMBODIA Prabu Lembu Amisena menyerahkan dua bungkusan kepada Dewi Sekartaji dan Dewi Galuh…

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *