CERITA PANJI RAMAH ANAK

Pemanfaatan Tradisi Lisan sebagai Materi Pembelajaran pada Generasi Muda

Penulis                       : Henri Nurcahyo

Ilustrasi                      : Syarif

Desain Cover                Syarif, Fajar Ekashakti

Ukuran buku               14,5×21 cm,

Tebal buku                : vi  + 120 halaman

Penerbit                     : Komunitas Seni Budaya BrangWetan

                                      Jl Bungurasih Timur 40, Sidoarjo – 61256

Sejumlah guru mengajukan komplain, tidak mau mengajarkan Cerita Panji kepada para siswanya yang masih SMP karena Cerita Panji dianggap hanya cocok untuk orang dewasa. Substansi Cerita Panji adalah mengenai percintaan, katanya. Apalagi ada adegan pembunuhan yang sangat tidak sesuai dikonsumsi anak-anak. Benarkah demikian?

Apakah anak-anak dianggap tidak pantas membaca (mendengar atau menonton) dongeng yang berakhir dengan perkawinan? Seolah-olah dunia anak hanya berurusan dengan permainan petak umpet, mobil-mobilan, main boneka, lompat tali, bermain lego, dan semacamnya.

Maka dalam buku inilah dipaparkan beberapa contoh Cerita Panji yang memang sudah “ramah anak” sejak awalnya meski memang tidak banyak. Juga beberapa contoh Cerita Panji yang umum selama ini. Juga bagaimana menyiasati Cerita Panji yang dianggap tidak cocok untuk anak itu dengan cara menggubahnya.

Dan yang penting adalah memahami apa substansi Cerita Panji itu sendiri. Karena dengan mengenal substansi tersebut dapat menjadi modal untuk mengkreasi tanpa kehilangan rohnya. Ada banyak contoh disajikan di buku ini bagaimana mengkreasi cerita (berbasis) Panji.

Bagaimana cara menyajikan lakon Panji ini tanpa harus ada adegan cinta-cintaan yang katanya tidak sesuai dengan dunia pendidikan itu? Jawabannya adalah pada how to create, bagaimana mengkreasi Cerita Panji sedemikian rupa sehingga adegan yang katanya “tabu” itu ditampilkan secara artistik, bukan tampil verbal. Ini memang menjadi ranah sutradara atau koreografer pertunjukan, agar tidak secara wantah memindahkan Cerita Panji begitu saja tanpa ada upaya stilisasi (penghalusan).

Minat? Segera kontak langsung penerbitnya: 0812 3100 832

Pemanfaatan Tradisi Lisan sebagai Materi Pembelajaran pada Generasi Muda Penulis                       : Henri Nurcahyo Ilustrasi                      : Syarif Desain Cover                Syarif, Fajar Ekashakti Ukuran buku               14,5×21 cm, Tebal buku                : vi  + 120 halaman Penerbit                     : Komunitas Seni Budaya BrangWetan                                       Jl Bungurasih Timur 40, Sidoarjo – 61256 Sejumlah guru mengajukan komplain, tidak mau mengajarkan Cerita Panji kepada…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *